Penyebab Penyakit Kelenjar Getah Bening dan Pengobatannya

penyebab penyakit kelenjar getah bening

Satu lagi penyakit yang cukup mengkhawatirkan dan sering dialami oleh orang-orang indonesia yaitu penyakit kelenjar getah bening. Ada banyak sekali penyebab penyakit kelenjar getah bening ini. Namun, kebanyakan orang tidak mengetahuinya. Nah sebaiknya akan lebih baik jika kita mencari tahu apa saja sebetulnya yang menjadi penyebab penyakit ini  sehingga setidaknya kita bisa waspada dengan bahaya penyakit kelenjar getah bening ini.

Penyakit kelenjar getah bening kadang tak banyak diketahui atau bahkan terlalu diabaikan oleh banyak  orang selama ini. Nah maka dari itu akan sangat disarankan sekali jika anda bisa cari tahu penyebab penyakit kelenjar getah bening dan kemudian ambil tindakan yang benar untuk mengobatinya.

penyebab penyakit kelenjar getah bening

Apa itu Kelenjar Getah Bening?

Kelanjar getah bening merupakan salah satu bagian penting dari sistem kekebalan tubuh yang dapat membantu melawan infeksi yang diakibatkan oleh virus, bakteri ataupun yang lainnya. Biasanya ketika terjadi infeksi, kelenjar getah bening akan membengkak sebagai salah satu tandanya. Setelah infeksi reda maka akan mengempis kembali. Untuk contohnya, kita bisa lihat di banyak gambar kelenjar getah bening.

Apa Penyebab Penyakit Kelenjar Getah Bening?

penyebab penyakit kelenjar getah bening pada anak

Tak  ada penyakit yang datang tanpa  ada penyebabnya, nah demikian juga dengan penyakit kelenjar getah bening ini. Ada banyak sekali faktor penyebab penyakit kelenjar getah bening, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Infeksi. Salah satu peyebab timbulnya penyakit kelenjar getah bening adalah karena adanya infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Beberapa infeksi tersebut seperti radang tenggorokan, HIV, campak, tuberklosis, infeksi telinga dan infeksi kulit
  2. Penyakit autoimun. Salah satu penyakit autoimun yang dapat menimbulkan kelenjar getah bening adalah lupus dan rheumatoid arthritis
  3. Penggunaan obat-obatan, seperti vaksin tifus
  4. Kanker, seperti kangker limfoma

Gejala atau Tanda-Tanda Penyakit Kelenjar Getah Bening

Berbagai gejala mungkin akan timbul ketika anda akan mengalami penyakit kelenjar getah bening ini. Ini sangat penting untuk anda pahami agar bisa mengetahui  jenis pengobatan yang tepat seperti yang dibahas di website resmi modulberjalan.com. Beberapa gejala atau tanda-tanda penyakit kelenjar getah bening diantaranya adalah:

  1. Bengkak di area tubuh yang terdapat kelenjar getah bening seperti di ketiak, leher dan pangkal paha
  2. Berat badan yang menurun secara derastis dalam waktu kurang dari 6 bulan
  3. Berkeringat pada malam hari yang tidak normal artinya anda tidak melakukan aktifitas namun keringat tetap keluar. Keringat ini biasanya akan tetap keluar meski anda berada dalam ruangan yang dingin dan ber AC
  4. Demam yang hilang timbul serta suhunya tidak pernah melebihi dari 38 derajat celsius.
  5. Kelelahan
  6. Perut terasa penuh seperti habis makan banyak

Cara Pengobatan Kenjar Getah Bening

Setelah anda mengetahui beberapa faktor penyebab penyakit getah bening dan geja-gejalanya. Maka cara penangannan penyakit ini bisa dilakukan dirumah dengan di kompess pada area bermasalah, konsumsi obat pereda nyeri serta istirahat yang cukup. Untuk lebih jelasnya memang kita butuh support dan diagnosa mendalam dari dokter.

Penyakit getah bening memang merupakan salah satu penyakit  berbahaya yang sebaiknya bisa kita waspadai. Nah diatas  sudah dijelaskan tentang penyebab penyakit kelenjar getah bening beserta cara mengobatinya.